Monday, October 27, 2014

Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Printer sebagai suatu media bantu dalam mencetak terkadang sering dilupakan perawatanya. Untuk yang biasa menggunakan printer pastinya akan memperhatikan printer ini. Tapi buat yang sesekali saja menggunakannya, perawatan printer ini sering kali dilupakan. Padahal merawat printer ini tak sulit dan bisa kita lakukan dalam waktu hitungan menit. Berikut artikel cara merawat printer agar tidak mudah rusak:
1.       Isi tinta bila sudah hampir habis
Hal ini tidak perlu diberitahukan sepertinya, akan tetapi ternyata tak sedikit para pengguna printer yang mengisi tinta printer miliknya ketika tinta printer itu sudah benar – benar habis. Kebiasaan yang satu ini dapat membuat head catridge tidak awet dan rusak. Biasakan isi/refil tinta printer apabila tinta sudah seperempat lagi hendak habis. Ini dapat membuat head catridge lebih awet.
2.       Hindari menggunakan kertas yang berdebu/kotor
Rol penarik kertas sangat sensitif. Seharusnya kertas yang masuk kedalamnya tidak kotor. Apabila kertas yang masuk kotor, ini dapat merusak dan menghalangi sempurnanya penarikan oleh rol hingga keadaan yang dapat membuat rusak.
3.       Gunakan Printer Minimal 1 kali sehari
Ini dilakukan agar Nozzle tidak kering yang berakibat pada hasil printer sampai kerusakan bagian Nozzle printer. Kita tau bagian Nozzle ini sangatlah kecil. Tinta yang kering akibat tidak digunakan dapat mempengaruhi keluaran tinta dari nozzle ini. Apabila terlalu jarang digunakan bisa jadi justru kerusakan pada Nozzle pun terjadi.
4.       Tutup Printer dengan Plastik
Printer di bagian dalam sangat sensitif, rol penarik, sensor, nozzle, catridge semuanya sensitif terhadap debu. Sehingga bagian dalam ini tak boleh terbuka terlalu lama. Biaskan menutup printer setelah digunakan.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment