Sunday, November 16, 2014

Bahaya Makanan Manis Berlebihan

Manisnya gula memang membuat nafsu makan kita bertambah. Makanan manis sangat kaya akan glukosa sebagai salah satu sumber tenaga untuk kita sehari – hari. Akan tetapi seperti halnya segala sesuatu yang berlebihan. Ada dampak negatif yang terjadi apabila mengkonsumsi gula secara berlebihan. Berikut beberapa dampak negatif mengkonsumsi gula secara berlebihan.
1.       Membentuk lemak perut
Kandungan fruktosa di dalam manisnya gula dapat membuat lemak tak jenuh yang berpengaruh kepada lemak perut, yang mengakibatkan gangguan jantung dan juga diabetes.

2.       Berkembangnya sel kanker
Pada dasarnya setiap manusia memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Akan tetapi dengan konsumsi yang tepat dari asupan makanan. Sel ini dapat dibuat tak berkembang. Sedangkan  kandungan gula yang berada pada makanan yang kita konsumsi, justru akan merusak mekanisme tubuh kita dalam perkembangan sel kanker ini.

3.       Menurunkan kemampuan otak
Gula didalam sebuah makanan manis, diketahui dapat mempercepat proses penuaan sel, begitu pula untuk sel-sel otak. Maka dengan mengonsumsi banyak gula, sel-sel otak cenderung akan mengalami penurunan fungsi lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak.

4.       Memperpendek usia
Di dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 diperkirakan ada 180.000 kematian di seluruh dunia yang diakibatkan karena konsumsi minuman manis yang berlebihan. Para peneliti juga menyimpulkan, kematian mungkin dikarenakan hubungan minuman manis dengan risiko seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.


0 comments:

Post a Comment