Thursday, November 13, 2014

Bahaya Gorengan Bagi Tubuh Manusia

Kenikmatan gorengan ditengah hari dingin yang terus menerus hujan seperti sekarang ini memang sulit untuk ditolak. Gorengan hangat dengan segelas teh manis hangat tentunya dapat membuat suasana hari yang dingin menjadi lebih hangat.  Tapi taukah? Gorengan yang sering kita santap itu mengandung bahaya sendiri terhadap tubuh kita. Mungkin sementara waktu gorengan hangat yang kita nikmati dapat memberi kehangatan pada tubuh kita ditengah cuaca dingin. Akan tetapi siapa sangka gorengan ini memiliki beberapa dampak buruk terhadap tubuh kita. Berikut ulasannya.
1.      Radang Tenggorokan
Bahan – bahan dasar gorengan seperti ubi, singkong, pisang adalah bahan – bahan alami yang sehat untuk tubuh kita. Akan tetapi bahan – bahan alami yang menyehatkan ini dapat merusak kesehatan tubuh kita apabila diolah dengan cara digoreng. Hal ini terjadi karena saat bahan – bahan alami ini digoreng, akan membentuk ikatan asam lemak trans. Ikatan lemak trans ini yang nantinya akan membuat radang amandel kita rentan terhadap peradangan.
2.      Kanker
Badan kesehatan dunia (WHO) menjelaskan dalam situs resminya bahwa bahan olahan yang kaya karbohidrat apabila mengalami proses penggorengan dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik, zat ini dapat menjadi pemicu kanker, dan beracun bagi sistem saraf.
3.      Racun Timbal
Kertas koran yang digunakan untuk membungkus gorengan memiliki tinta. Tinta mengandung timbal dan timbal dapat larut apabila berada dalam keadaan panas dan berminyak. Sehingga bahaya timbal dalam kertas koran yang digunakan untuk membungkus gorengan sangat rentan. Timbal sendiri apabila dikonsumsi terus dalam jangka waktu lama biar sedikit dapat merusak sistem saraf, peredaran darah, sistem otak, pencernaan, reproduksi dan lain – lain.
4.      Kolesterol
Minyak jelantah yang biasa digunakan oleh tukang gorengan adalah minyak dengan kadar yang jauh menurun dari minyak goreng baru. Minyak jelantah atau minyak bekas menggoreng berkali – kali ini mengeluarkan kandungan polimer yang apabila masuk kedalam tubuh kita dapat mengakibatkan gangguan pada metabolisme kolesterol didalam tubuh kita.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.


0 comments:

Post a Comment