Friday, October 17, 2014

Makanan Yang Dilarang Ketika Haid

Sudah kodrat wanita menjalani rutinitas bulanan haid. Rutinitas bulanan ini, kadang terasa nyeri, pegal, juga menjadi mood. Sehingga perlu menahan diri dalam pola makan guna menghidari atau memperingan rasa – rasa tak enak tersebut. Berikut sedikit penjelasan tentang makanan yang harus dihindari ketika haid antara lain:

1. Makanan olahan
Makanan olahan sering menjadi pilihan karena cepat dan mudah didapat, tetapi jangan salah jenis makanan yang mudah dan cepat ini bisa membuat rasa tak enak pada saat haid semakin buruk. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam makanan olahan ini mengandung berbagai zat yang memang berpengaruh terhadap hormon ketika haid.

2. Daging berlemak
Daging mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, dimana dapat menyebabkan peradangan dan nyeri. Selain itu, jika pada saat menderita kram saat haid, lemak ini dapat memperburuk rasa sakitnya.

3. Makanan yang dipanggang
Makanan yang dipanggang seperti roti dan kue kecil memang enak. Tetapi sayangnya banyak mengandung trans-lemak yang dapat meningkatkan estrogen. Akibatnya, rasa sakit di bagian rahim saat haid. Disarankan makan roti yang kaya akan serat seperti roti gandum.

4. Makanan bergula
Kue tar, kukis, permen, dan makanan manis lainnya adalah pilihan makanan tidak sehat ketika sedang haid dan ingin tetap langsing. Makanan manis memperburuk kram pada perut saat haid. Ganti dengan buah-buahan manis seperti peach, melon, atau mangga.
Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.


0 comments:

Post a Comment