Friday, October 17, 2014

Makanan Yang Dilarang Ketika Haid (Lanjutan)

Sudah kodrat wanita menjalani rutinitas bulanan haid. Rutinitas bulanan ini, kadang terasa nyeri, pegal, juga menjadi mood. Sehingga perlu menahan diri dalam pola makan guna menghidari atau memperingan rasa – rasa tak enak tersebut. Berikut sedikit penjelasan tentang makanan yang harus dihindari ketika haid antara lain:
1. Es krim, keju, dan krim
Suka dengan produk dari susu, namun es krim, keju, dan krim mengandung lemak dan memiliki efek yang sama dengan daging berlemak. Hindari makanan ini jika Anda tidak ingin merasakan kram saat haid. Jika Anda ingin es krim, cobalah gelato tanpa susu dan gula tambahan.

2. Kafein
Kafein memberikan kontribusi untuk kram dan dapat menyebabkan haid tidak teratur. Selain itu, kafein pada kopi dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan sulit tidur. Hindari minum kopi dan minuman berenergi saat haid. Minum kopi dapat menggantinya dengan minum teh yang tidak terlalu tinggi kadar kafeinnya.

3. Alkohol
Alkohol memperburuk gejala PMS dam kram. Selain itu dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan depresi. Sebab, alkohol dapat bertindak sebagai pengencer darah sehingga meningkatkan aliran darah dan menyebabkan ketidaknyamanan. Nikmati secangkir teh dan tinggalkan alkohol dan kopi saat haid.

0 comments:

Post a Comment