Friday, October 17, 2014

Cara Menghilangkan Insomnia

Insomnia atau kebiasaan sulit tidur cukup menggangu disaat keesokan harinya kita dituntut untuk fokus dan fit di dalam keseharian kita. Akibat kurangnya waktu tidur ini, fokus dan juga tenaga kita dikeesokan harinya pastinya berkurang. Ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan ini, antara lain sebagai berikut:
1.       Kurangi Cahaya Saat Hendak Tidur
Cahaya lampu kamar berpengaruh di dalam proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terlampau terang juga sangat berpengaruh pada fokus kita ketika hendak tidur, fokus yang terganggu akan membuat kesulitan tidur.
2.       Mengatur Jadwal Tidur
Biasakanlah mengatur jadwal kita tidur, dengan membiasaka kebiasaan seperti ini sedikitnya akan membuat kita terbiasa melakukan tidur tepat waktu. Sehingga mengurangi gangguan insomnia kita.
3.       Olahraga Yang Teratur
Olahraga membuat tubuh kita menjadi lebih rleks dan pikiran kita akan lebih fokus. Dengan olahraga yang teratur kualitas tidur dan jadwal tidur kita akan bertahap menjaadi lebih baik.
4.       Kurangi suara di sekeliling kita
Berbagai macam suara seperti  anjing menggonggong, suara kendaraan yang tengah lalu lalang akan membuat tidur kita terganggu, sehingga sulit kita untuk terlelap. Biasakan menggunakan penyumbat telinga apabila diperlukan disaat kita akan tidur.
5.       Jangan Merokok
Selain kafein, nikotin juga merupakan sebuah stimulan. Dengan banyak konsumsi atau kadar nikotin di dalam darah kita. Kita akan menjadi sulit terlelap, hentikan merokok 2 -3 jam sebelum tidur agar tidur kita lebih lelap.

0 comments:

Post a Comment