Monday, October 27, 2014

Cara – Cara Berkomunikasi Secara Efektif

Dalam proses kehidupan kita sehari – hari, kita sering menjumpai orang baru atau orang lama yang memang kita tidak terbiasa berbicara atau mengobrol dengannya. Hal ini bisa membuat kita menjadi canggung dan salah tingkah. Atau setidaknya kita bisa memberi kesan yang buruk untuk orang tersebut. Ini harus ditanggulangi dan beberapa cara berikut bisa digunakan:
1.       Mengatur nafas
Menarik nafas panjang kemudian mengelurkannya setahap demi setahap, hembusan demi hembusan. Dapat membuat perasaan kita menjadi lebih tenang. Dengan ketenangan kita bisa mengeluarkan suara dan mengikuti pembicaraan tanpa adanya tekanan.
2.       Perhatikan Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh kita yang kaku dan mengisyaratkan ketidaknyaman bisa membuat lawan bicara kita tergangu feelingnya terhadap kita (Ilfiiill). Nah untuk menghindari hal tersebut, kita harus mampu mengatur bahasa tubuh yang kita perlihatkan kepada lawan bicara kita.
3.       Kontak Mata
Memandang mata lawan bicara kita, memberikan kesan kalau kita sungguh – sungguh  mendengarkan apa yang dia ucapkan. Berpaling dari kontak mata lawan bicara bisa jadi tidak sopan dan membuat lawan bicara kita merasa tak diperhatikan.
4.       Senyum
Tulusnya senyum dapat melelehkan siapapun. Entah atasan, musuh, camer, atau siapapun. Berikan senyum terbaik kita, dan lawan bicara kita akan mendapat kesan kehangatan terhadap komunikasinya dengan kita.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.



0 comments:

Post a Comment