Sunday, November 16, 2014

Daftar Bahasa Tubuh Yang Berbahaya Untuk Digunakan

Bahasa tubuh bahasa non verbal yang sebenarnya tak nampak atau tidak dilakukan dengan sadar. Sering kali berdampak positif kepada kita. Akan tetapi tak sedikit bahasa tubuh yang mungkin tak sadar kita gunakan justru membuat orang lain yang sedang berinteraksi dengan kita terganggu. Beberapa bahasa tubuh malah membuat atau mencerminkan dampak negatif langsung kepada orang lain ada beberapa hal antara lain:
1.       Silangan Tangan
Siapa sangka silangan tangan yang mungkin sudah menjadi kebiasaan wajar untuk kita. Dapat berbahaya apabila digunakan ketika kita sedang berinteraksi dengan orang lain. Silangan tangan dapat memberi kesan kepada awan bicara kita kalau kita menganggap remeh atau tak peduli dengan apa yang dia bicarakan.
2.       Jarak Antara Kaki
Berilah jarak antara kaki kanan dan kaki kiri kita sewaktu sedang berinteraksi dengan orang lain. Jarak antara kaki ini membuat kesan nyaman, percaya diri, dan siap mendengarkan apa yang lawan bicara kita bicarakan. Dengan begini lawan bicara kita juga akan merasa nyaman berbicara dengan kita. Sedikit jarak antara kaki kita, justru akan membuat kita terlihat tegang, dan sedang tak yakin dengan yang kita bicarakan.
3.       Kontak Mata
Tataplah mata lawan bicara kita tetapi tidak tajam. Apabila kita memberika sorot mata tajam kepada lawan bicara kita. Akan memberi kesan kalau kita tak sepenuhnya percaya dengan apa yang sedang lawan bicara kita bicarakan.
4.       Mimik Muka
Bahaya lain bahasa tubuh yang salah adalah membuat lawan bicara kita merasa seakan kita memarahi mereka. Dengan mimik wajah yang salah, lawan bicara kita akan merasa kita tidak ingin berbicara kepada mereka karena sedang marah. Untuk teman akrab ini tidak jadi masalah. Akan tetapi bila tanpa sadar kita lakukan kepada atasan di kantor, lain lagi ceritanya.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.


0 comments:

Post a Comment