Friday, October 31, 2014

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Presentasi

Presentasi yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, bisa ketika presentasi sidang skrpsi, presentasi product pada klien, presentasi planing perushaan, atau banyak lainnya. Selain kita harus membuat presentasi power point yang baik. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika kita akan melakukan presentasi.
1.       Materi
Membuat power point yang baik hanyalah sebuah alat bantu dalam mempermudah kita melakukan presentasi. Inti dari presentasi kita, tentunya ingin materi yang akan kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar. Sehingga menguasai materi yang akan kita sampaikan menjadi satu dasar yang harus kita perhatikan sebelum melakukan presentasi.

2.       Penampilan
Jangan pernah melihat buku hanya dari covernya. Hal ini benar. Tetapi ternyata kebanyakan orang tetap saja melihat sebuah buku dari covernya. Ini pun terjadi pada penilaian terhadap manusia, yang melihat manusia lainnya dari tampilan luarnya. Sehingga kita yang ingin presentasi juga dilihat dari segi penampilannya. Berbusana sebaik mungkin ketika akan melakukan presentasi, akan membuat pendengar kita lebih nyaman ketika mendengar presentasi kita.

3.       Bahasa Tubuh
Sebaik apapun penguasaan materi dan penampilan kita ketika presentasi, dapat terasa tak bernilai ketika kita menunjukan bahasa tubuh yang tidak baik dan benar. Terlalu gugup membuat kita terlihat kaku, dan tidak benar – benar yakin akan apa yang sedang kita sampaikan.

4.        Gaya Bahasa
Berikan penekanan sesekali pada inti materi yang sedang kita presentasikan dapat membuat pendengar memperhatikan kita. Begitu juga ketenangan saat menjelaskan hal – hal dasar akan membuat presentasi kita terdengar dinamis. Berikan penekanan, ketenangan, serta naik turun gaya pembicaraan kita. Membuat pendengar presentasi kita merasa nyaman dengna presentasi kita.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment