Sunday, October 12, 2014

Fitur Chatting Anonim Facebook












Ilustrasi Mashable
 
Facebook sebagai sosial media terbesar dengan pengguna terbanyak seakan tak berhenti berkembang dan memperbarui fitur – fitur yang dimilikinya. Baru – baru ini New York Times mengabarkan bahwa Facebook tengah mempersiapkan fitur baru. Fitur ini sendiri adalah pengembangan dari fitur yang sudah ada. Bagi yang terbisa menggunakan Facebook, tentunya sudah tidak asing lagi dengan fitur chatting yang sudah ada. Akan tetapi ternyata Facebook merasa perlu ada yang ditambahkan di dalam fitur chatting selama ini. Penambahan ini sendiri lebih kepada kenyamanan serta selera pengguna.
Fitur chatting yang tadinya menggunakan akun dengan nama asli, akan diubah Facebook menggunakan atau support menggunakan akun anonim atau akun palsu, atau acak. Perdebatan justu terjadi dikalangan pengguna internet. Karena penggunaan akun anonim di chat Facebook ini, tentunya bertolak belakang dengan kampanye penggunaan nama asli kepada para pengguna Facebook yang sedang digencarkan.
Menyikapi hal tersebut Chris Fox, selaku Chief Product Officer Facebook mengaku fitur ini menjadikan perusahaannya memiliki ciri khas dan berbeda dengan kompetitornya. Hal itu juga diklaim membuat Facebook begitu spesial dan tetap berada di tempat pertama. "Dengan membedakan layanan dari sebagian yang ada di internet, dimana nama samaran, anonimitas, atau nama acak adalah norma sosial," ungkap Chris Fox.
Di sisi lain, Zuckerberg dalam sebuah wawancara menilai penggunaan identitas asli sesekali boleh saja ditinggalkan. "Jika kita selalu ada di bawah tekanan identitas asli, saya pikir itu juga akan menjadi beban," ungkap CEO Facebook dikutip dari DroidLife.
Baik di sisi pro atau kontra tentang fitur baru Facebook ini, saat ini kita tunggu saja bagaimana nanti perubahan ini terjadi.

0 comments:

Post a Comment