Sunday, November 30, 2014

Cara Menghentikan Kebiasaan Bergosip

Bergosip adalah suatu kebiasaan yang memang memberi efek senang, dan puas. Akan tetapi kebiasaan yang berdampak positif. Selain karena memang banyak mengandung hal negatif, bergosip bisa menjadi suatukebiasaan yang tidak mudah untuk dihentikan. Untuk anda yang tidak punya kebiasaan ini, jangan pernah mencobanya. Sedangkan untuk anda yang terlanjur merasakan kenyaman dengan melakukan kebiasaan ini dan berniat untuk menghentikannya. Berikut akan positiveonx bagikan beberapa kiat untuk menghentikan bergosip.
1.      Banyak – banyak mengingat Sang Maha Pencipta
Hal yang paling dominan yang menjadi tema dalam pergosipan adalah tentang individu. Entah bagian tubuh, pekerjaan, kebiasaan, kelemahan, atau apapun yang dapat menjadi tema dari pergosipan. Cara yang dapat menghentikan kebiasaan bergosip adalah dengan banyak – banyak mengingat Sang Pencipta. Seperti kita tahu, Sang Maha Pencipta menciptakan kita dengan sesempurna bentuk. Sehingga tak elok rasanya membicarakan individu yang telah di cap oleh Sang Maha Pencipta langsung sebagai makhluknya yang paling sempurna. Karena dengan membicarakan individu lain, sama saja kita sedang menyangkal kesempurnaan yang telah diberikan kepada seorang individu oleh Sang Maha Pencipta.

2.      Pikirkan Diri Sendiri
Kita memang berbeda, dan memang diciptakan berbeda – beda. Bersuku – suku, demi satu tujuan yaitu saling mengenal. Dan ditengah banyak perbedaan antara satu individu dengan individu lainnya. Kita lebih banyak memiliki kesaamaan. Sehingga saat kita akan bergosip jangan dulu pikirkan orang yang akan kita bicarakan. Entah keburukan, perasaan, kelemahannya. Tapi pikirkan diri kita sendiri terlebih dahulu. Apa kita jauh lebih baik dari orang yang kita bicarakan? Apa kita memang tidak punya kelemahan seperti orang yang sendang kita bicarakan? Apa kita senang kalau kita digosipkan. Seperti kita tau, orang yang suka dan sangat ketergantungan gosip juga akan sangat benci apabila dia digosipkan.

3.      Pentingkah?
Melakukan suatu kebiasaan buruk dalam waktu lama. Sementara masih banyak hal baik yang bisa kita lakukan dalam waktu yang sama. Tentunya lebih baik melakukan hal baik. Sehingga cara lain untuk menghindari gosip, pikirkan terlebih dahulu apakah tak ada hal penting dan baik yang bisa kita lakukan dari pada bergosip yang jelas buruk dan kebanyakan memang bukan hal yang penting.

Sekian artikel Positiveonx kali ini, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan yang membacanya. Terimakasih.



0 comments:

Post a Comment